15 November 2017

10 Tips and Trik Mudah Membuat Android Lebih Cepat

Assalamualaikum

10 Tips and Trik untuk Membuat Android Lebih Cepat

tips-trik
Android

Saat ini, android merajai sistem operasi ponsel di dunia. Walaupun tahun ini banyak yang migrasi dari Android ke Iphone, tapi karena saya adalah pengguna android maka saya akan membuat tulisan ini.

Ponsel android saat ini sudah semakin canggih dan speknya makin tinggi, tapi untuk kelas entry-level ataupun keluaran jadul, speknya masih terbatas, mulai dari RAM, Processor, GPU, Penyimpanan dan lainnya, tidak jarang ponsel android tersebut mengalami lag, freeze bahkan sampai crash. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus membuat android kita cepat dan lancar. Nah caranya bagaimana?

10 Tips and Trik untuk Membuat Android Lebih Cepat

1. Bersihkan Cache Aplikasi Secara Berkala

Ada aplikasi yang tidak penting sebenarnya, tapi kadang kamu butuhkan dan harus terinstall di HP kamu. Seperti aplikasi pemesanan atau booking tiket penerbangan, hotel, dll. Untuk membuat Android kamu lebih cepat, coba untuk menghapus cache aplikasi tersebut pada Setting/Pengaturan Android agar tidak banyak memakan RAM ketika Android sedang digunakan.

Menghapus cache akan membantu aplikasi lebih lancar, karena menghapus data-data lama yang mungkin akan menyebabkan lag dan akan berakibat freeze dan crash. Cara ini berguna sekali di aplikasi yang besar seperti Facebook dan Instagram, pasti kalian juga punya aplikasinya kan? Seringlah menghapus cache.

2. Bersihkan RAM sesering mungkin

Android punya kemampuan membersihkan tugas yang sangat baik, dan ini akan membantu membebaskan RAM android kamu, apalagi yang RAM Androidnya 1gb kebawah.

Sekarang, hampir tiap launcher memiliki pilihan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan untuk membebaskan RAM. Biasanya hanya tinggal tekan dan tahan tombol Home maka langsung ada gambar sampah, nah tinggal pencet logo itu. Tapi jika memang launcher kamu tidak ada pembersih RAM, pikir duakali untuk memasang Aplikasi pembersih RAM tambahan, biasanya justru malah membebani Android kamu, dan malah menambah lag.

3. Gunakan Aplikasi versi Lite jika tersedia

Banyak aplikasi populer yang membuat versi lite-nya seperti Facebook, Twitter, dan Browser pun banyak. Aplikasi versi lite ini memang sengaja dirancang untuk Smartphone entry-level karena jika mereka menggunakan aplikasi aslinya maka akan lebih sering crash.

Menggunakan versi lite juga dapat meningkatkan kinerja ponsel Android. Dan juga dapat mengurangi penggunaan data Anda, inilah salah satu alasan mengapa aplikasi versi lite ini dibuat.

4. Update Android secara berkala

Setiap versii terbaru dari Android pasti disertai dengan perbaikan performa. Jadi, upgrade device kamu ke versi terbaru (misalnya dari V6.6.2 ke V6.6.5).

Untuk alternatif kamu juga bisa menggunakan custom ROM untuk HP kamu jika kamu tau bahwa perusahaan pembuat HP kamu sudah tidak mengembangkan pembaruan untuk tipe HP yang kamu miliki.




5. Jangan Upgrade OS Melebihi Kemampuan HP

Mungkin tiap penulis akan menulis bahwa Android harus up to date. Ya memang benar, tapiperhatikan juga sisi buruknya, jika HP kamu adalah versi jadul dan spek secukupnya, jika menjalankan OS terbaru maka saya bisa pastikan akan lag ataupun malah bisa crash karena RAM tidak mendukung.

6. Pikirkan Sebelum Menginstall Aplikasi

Banyak aplikasi palsu yang dapat melakukan pencurian data dan mengirimkannya ke pembuatnya, dan perangkat kamu akan dikontrol olehnya, dan sudah pasti akan menyebabkan lag jika spek HP kamu pas-pasan.

7. Format Kartu SD

Jika kamu mengalami crash dan sering terjadi pada HP kamu, mungkin salah satu penyebabnya Kartu SD yang korup. Format Kartu SD tidak hanya menghapus aplikasi,file dan mungkin juga virus, tapi juga memberikan performa yang lebih baik dari sebelumnya.
Baca Juga : Mengatasi Android Terkena Virus

8. Atur Update Aplikasi hanya dengan WiFi

Beberapa aplikasi android membutuhkan update, tapi coba kalian atur HP kalian agar tidak melakukan update setiap terhubung internet, usahakan setting agar hanya update jika terhubung ke jaringan WiFI.

Cara untuk nonaktifkan update otomatis selain WiFi adalah seperti ini. Buka Play Store, kemudian buka Setting => Auto-update apps => Select Auto-update apps over WiFi only.

9. Lakukan Restart Sesekali

Seperti halnya komputer, mesin HP kamu juga sesekali butuh diRestart. Restart dapat membantu meningkatkan performa karena saat kamu melakukan restart perangkat, maka akan otomatis menghapus temporary files dan tentu akan membuat Android lebih cepat dan juga membersihkan RAM Android kamu.

10. Simpan Data di Cloud

Untuk media penyimpanan saat ini banyak orang menggunakan media Cloud. Hal ini akan membuat media penyimpanan fisik kamu (Kartu SD) menjadi lebih lega, karena file-file penting kamu tinggal diupload ke penyimpanan Cloud, dan yang tersisa di Kartu SD hanyalah aplikasi yang terinstall saja.

Demikian beberapa cara untuk mempercepat kinerja Android kamu, jika kamu ada cara-cara lain yang bekerja bisa tulis di komentar agar dapat membantu saudara kita yang sedang membutuhkan solusi. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, Wassalamualaikum.

Nama gue Hanif, 20tahun. Pecinta kopi saset seribuan, suka baca dan nulis. FIFA is my life (dilarang merokok)

Comments

1 comments

Bersihkan cache yang pasti biar nggak nimbun sampah androidnya.


EmoticonEmoticon