20 November 2017

Cara Riset Keyword untuk Artikel

Assalamualaikum

Cara Mencari dan Riset Keyword


Apa kabar kalian pembaca HanifMau.com? Semoga sehat selalu amin.

Terkadang saat kita membuat sebuah tulisan yang sebenarnya bagus tapi kita kebingungan saat ingin memberikan judulnya, sehingga kita memberi judul secara asal-asalan.

Kalau seperti web dan situs besar pasti akan terindex google dengan mudah dan langsung masuk halaman pertama, lalu bagaimana dengan blog kecil seperti ini tapi ingin bersaing mendapatkan page one di google.

Saya punya beberapa postingan di blog saya yang masuk page one pada Google search engine. Kuncinya adalah cari keyword yang pencarian banyak tapi persaingan sedikit, nah cara mengetahuinya seperti apa? Langsung saja lihat langkahnya di bawah.

Langkah Mencari dan Meriset Keyword:

1. Cari LSI


LSI adalah istilah dalam SEO yang merupakan suatu keyword yang masih berkaitan dengan keyword lainnya, contoh: Cara Menyemir Sepatu, dan Cara Mengilapkan Sepatu.

Ada banyak web untuk pencarian LSI ini yang tentunya gratis dan mudah dalam penggunaannya, seperti UberSuggest, LSI graph, Keyword Shitter, dll. Tapi untuk contoh kali ini saya menggunakan Keyword Shitter untuk mencari LSI keyword.

2. Ketik Keyword Utama


Kalian tetap harus memiliki kata kunci utama, tidak mungkin saat kalian ingin menulis sesuatu tapi tidak membahas suatu topik apapun. Berhubung sebagai contoh dan sekaligus mencari judul yang pas untuk tulisan ini, jadi saya memiliki keyword utama adalah "Cari" dan "Keyword".

Klik Shit Keyword! dan Stop saat dirasa sudah cukup, saya hanya mengambil 210 keyword saja di gambar.

3. Copy Keyword ke Excel


Tidak harus copy ke Excel sebenarnya langsung ke tahap selanjutnya pun bisa, tapi saya akan menghilangkan keyword yang sama atau duplikat.


Buka tab data kemudian pilih Remove Duplicate. 

4. Salin ke Keyword Planner


Copy semua keyword tadi dan buka Keyword Planner yang merupakan tools dari google untuk mengecek persaingan dan CPC sebuah keyword, jika bingung bisa buka di sini.

Paste semua keyword dari Excel kemudian klik Dapatkan volume penelusuran dan otomatis akan keluar hasilnya.



5. Catat Keyword


Catat Keyword yang pencariannya tinggi tapi persaingannya rendah agar artikel kamu dapat bersaing di pencarian google nantinya. 

Untuk judul postingan ini saya menggunakan gabungan kata dari beberapa keyword di atas, nah tidak sulit bukan untuk menentukan judul yang pas untuk bersaing di pencarian google.





Untuk postingan di blog ini ada beberapa yang masuk page one google karena pencarian yang cukup banyak dan persaingan rendah.

Coba saja cari "Trik Corner PES" per November 2017 on top di google
dan "Cara Mengganti No Punggung FIFA Online3" walaupun tidak on top tapi banyak menghasilkan visitor ke blog ini, kenapa? 

Karena saya merasakan kesulitan ini dan mencari tutor di google tapi jarang, bahkan tidak ada. Nah untuk itu ketika saya sudah paham, saya langsung buat postingan dan Alhamdulillah banyak dibutuhkan orang.

Sekian postingan kali ini, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Wassalamualaikum.

Nama gue Hanif, 20tahun. Pecinta kopi saset seribuan, suka baca dan nulis. FIFA is my life (dilarang merokok)

Comments


EmoticonEmoticon