26 Agustus 2017

Mengenal Team Role di Master Liga PES

Team Role

Kalian suka main game? Game genre apa yang kalian suka? RPG, FPS, Racing, Fighting, Sport, atau bahkan lainnya? Bagi kalian yang suka game bergenre sport pasti sering main game yang berhubungan dengan bola, dan game bola yang banyak peminatnya itu FIFA dan PES. Tapi tenang, kali ini saya bukan mau bahas perbandingan antara keduanya, tapi hanya PES saja yang akan saya bahas kali ini.

team-role
Team Role


PES saat ini sudah sampai di seri PES 2017, bahkan 12 september nanti PES 2018 akan segera dikeluarkan ke umum. Nah di PES 2017 ini ada beberapa mode yang bisa kita mainkan, seperti Exhibition, Cup, Become a Legend (BAL), dan yang paling seru menurut saya itu Master League atau sering disebut (ML).

Tapi taukah kamu kalau di Master League itu ada fitur Team Role yaitu tiap pemain memiliki peran yang berbeda-beda dalam satu tim. Ada yang berperan antagonis seperti Pepe, ada pemain muda yang masih terus berkembang, ada pemain legenda seperti Messi dan Ronaldo, dan banyak lagi. Nah untuk itu saya akan coba tulis di sini dengan bahasa dan pengetahuan saya sendiri.

Apa itu Team Role?

Team Role adalah tolak ukur kontribusi seorang pemain untuk klubnya. Jika seorang pemain telah terbentuk Team Role-nya, maka bukan hanya performa atau permainannya saja yang berpengaruh, tapi juga teman atau rekan satu timnya pun akan terkena pengaruh dari pemain tersebut.

Sebenarnya ini baik untuk membuat satu tim yang bagus, kalian harus meiliki pemain yang memberi pengaruh positif ke pemain lain, contoh pemain senior seperti Totti akan jadi panutan juniornya. Dan tentu akan menunjukkan permainan yang baik kepada pemain muda nantinya, sehingga pertumbuhan skillnya bisa berjalan dengan cepat.

Tapi bagaimanapun juga kemampuan untuk merubah Team Role seorang pemain tergantung dari pemain itu sendiri, seperti cara dia dimainkan dan posisinya di lapangan.

Apa saja Team Role yang ada di PES 2017?


Youth Prospect

Apa itu Youth Prospect? Jika diartikan maka menjadi prospek pemain muda, maksudnya adalah pemain muda dari akademi yang bisa kalian ambil dengan harga murah untuk dimasukkan ke dalam tim utama. Untuk pengaruh tim mungkin pemain tipe ini masih kurang bermanfaat karena jam bermainnya masih kurang.

Team Role Effect: Growth (1)
Bintang: 1

Protege

Apa itu Protege? Saya sendiri kurang tau artinya, tapi menurut saya pemain dengan Team Role seperti ini adalah pemain yang masih butuh perhatian pelatih, dan pemain ini akan terus berkembang dengan bertambahnya menit bermain yang diberikan.

Team Role Effect: Growth (1)
Bintang: 1

Leader

Leader ini adalah tipe pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Dia ingin semua rekan satu timnya bersemangat.

Team Role Effect: Condition (2)
Bintang: 2




Star Player

Sesuai namanya pemain bintang, jika di Indonesia mungkin Febri dari Persib akan masuk tipe pemain seperti ini. Pemain tipe ini memiliki kharisma yang diketahui oleh para fans, sehingga akan menambah penghasilan penjualan baju yang hasil penjualannya bisa digunakan untuk dana transfer di pertengahan atau akhir musim.

Team Role Effect: Finances (2)
Bintang: 2

Team Player

Pemain ini cukup berguna menurut saya, karena selain dapat bermain taktis, pemain ini juga bukan pemain yang egois, sehingga akan berdampak banyak untuk semangat pemain lain.
Team Role Effect: Team Spirit (2)
Bintang: 2

Creator

Dengan teknik yang di atas rata-rata pemain lainnya, pemain ini bisa membuat peluang yang tidak terduga, dan ini yang menyebabkan pemain lain memanggilnya seorang Creator.

Team Role Effect: Growth (2)
Bintang: 2

Rising Star

Pemain ini sebenarnya kurang berguna menurut saya, dia tidak memiliki bakat dan kemampuan yang baik, tapi dia memiliki banyak pengalaman yang mungkin berguna untuk pemain lain yang lebih muda. Apakah kalian tertarik menggunakan jasa pemain ini di klub?

Team Role Effect: Tidak ada
Bintang: 3

Bad Boy

Dari namanya saja kalian pasti tau artinya apa. Pemain ini kebalikan dari rising star, pemain ini memiliki bakat dan teknik yang baik, tapi kadang dia bermain asal, hingga dia dapat reputasi bad boy. Contoh pemain ini mungkin Balotelli, apakah ada saran pemain lain?

Team Role Effect: Tidak ada
Bintang: 3

Risk-Taker

Lagi-lagi saya kurang paham, mungkin jika diartikan pemain ini kurang kemampuannya, dan mengandalkan kekerasan sehingga orang akan merasa bahaya dan beresiko ketika bermain dengannya. Dan pemain ini dapat membuat jalannya pertandingan berubah.

Team Role Effect: Tidak ada
Bintang: 3

General

Pemain ini memiliki kombinasi bakat dan semangat yang tak pernah padam selama pertandingan, hingga dapat membuat timnya keluar dari situasi sulit. Itu sebabnya dia dipanggil general.

Team Role Effect: Finances (3), Condition (3)
Bintang: 3

Workhorse

Jika menurut kalian pemain ini punya tenaga kuda mungkin kalian benar. Dia sangat bersemangat dan hampir seluruh lapangan bisa dijelajahi. Karena semangat dan tenaganya ini dia disebut workhorse. Andik Vermansyah saya rasa cocok dengan karakternya yang semangat dan tenaga yang luar biasa.

Team Role Effect: Condition (3), Team Spirit (3)
Bintang: 3

Fighter

Pemain dengan tipe petarung, tapi maksudnya bukan menyakiti. Dia memberikan segala kekuatan dan kemampuannya untuk tim. Menurut saya Puyol dan Hansamu Yama masuk tipe ini.

Team Role Effect: Condition (3), Growth (3)
Bintang: 3

Playmaker

Akal dan taktiknya sangat berguna dengan apa yang dibutuhkan pelatih, dia juga tidak takut untuk mengambil kepemimpinan. Bepengaruh untuk semangat pemain lain.

Team Role Effect: Finances (3), Team Spirit(3)
Bintang: 3

Maestro

Memiliki aura dalam dirinya, dan dipadukan dengan bakat, teknik, dan karisma hingga dia diberi nama seorang maestro.

Team Role Effect: Finances (3), Growth (3)
Bintang: 3

Smart Player

Pemain cerdas yang tau bagaimana permainan akan berjalan, dia bisa menggunakan kemampuan terbaiknya untuk tim. Dia sangat dihormati oleh pemain lain karena kecerdasannya, bisa sangat membantu perkembangan pemain muda. Mungkin Toni Kroos termasuk smart player.



Team Role Effect: Growth (3), Team Spirit (3)
Bintang: 3

Key Player

Pemain Kunci. Kamu masukkan dia sebagai pemain penggantipun dia akan melakukan permainan dengan baik. Semangat, memiliki bakat, teknik, skill. Dengan kemampuannya tersebut dia selalu membawa timnya menuju kemenangan, dia layak disebut pemain kunci. Menurut saya Ronaldinho masuk sebagai key player di timnya.

Team Role Effect: Finances (3), Condition (3), Growth (3), Team Spirit (3)
Bintang: 4

Hero

Dia membakar semangat pemain lainnya, dia disebut pahlawan di tim. Saat dia main, dia bisa mengangkat semangat dan kepercayaan diri tim, tapi saat dia tidak ada, pemain lain pun akan menjadi kurang semangat dan kebingungan. Contohnya Evhan Dimas, saat melawan Vietnam tanpa dirinya Timnas sangat bingung dengan permainannya sendiri.

Team Role Effect: Finances (3), Condition (4), Growth (2), Team Spirit (2)
Bintang: 4

Superstar

Dia adalah seorang superstar, dia memiliki kemampuan dari usahanya sendiri, dan itu sangat menginspirasi bagi pemain lainnya. Contoh pemain ini adalah Neymar, Ronaldinho.

Team Role Effect: Finances (4), Condition (2), Growth (3), Team Spirit (2)
Bintang: 4

Conductor

Pemain ini biasanya dimasukkan dari awal, karena dia adalah yang paling dekat dengan pelatih dilapangan, dalam arti sebagai kepercayaan pelatih. Dia mengatur teman satu timnya seperti mengarahkan sebuah orkestra musik, sehingga dia disebut conductor. Taktiknya benar-benar bisa menentukan hasil akhir permainan.

Team Role Effect: Finances (2), Condition (3), Growth (2), Team Spirit (4)
Bintang: 4 

Virtuoso

Ketika dia memegang bola maka semua mata akan terpukau dengan kemampuannya. Sangat tidak mungkin dilakukan oleh kebanyakan pemain. Bakat yang dimiliki dari lahir sudah didapatkannya.

Team Role Effect: Finances (2), Condition (2), Growth (4), Team Spirit (3)
Bintang: 4

Bandiera

Mungkin kalian masih asing dengan kata bandiera ini. Bandiera adalah seorang pemain yang loyal kepada sebuah tim, dan menjadi kebanggaan para fans. Pemain ini sangat berpengaruh untuk tim, contoh pemain ini adalah Totti, Sergio Ramos, Iniesta, dan masih banyak.

Team Role Effect: Finances (4), Condition (4), Growth (4), Team Spirit (4)
Bintang: 5

Legend

Sepertinya sudah sangat jelas, karena seorang legenda tidak perlu dijelaskan. Seorang pemain papan atas dan paling terkenal di dunia. Contohnya Cristiano Ronaldo, Messi, Maradona.

Team Role Effect: Finances (4), Condition (4), Growth (4), Team Spirit (4)
Bintang: 5

Catatan:
Finance: Berguna untuk penjualan tim seperti jersey, sehingga dapat keuntungan untuk biaya transfer.
Condition: Kondisi tim saat ada atau tidak adanya pemain tersebut, bisa turun atau naik.
Growth: Berguna untuk pertumbuhan pemain lain yang lebih muda diposisinya yang sama.
Team Spirit: Semangat tim saat ada pemain dalam pertandingan

Itu dia daftar team role di dalam master liga PES 2017, mungkin sebagian dari kalian banyak yang belum tau, dan mungkin sebagian lagi sudah paham. Jika ada salah kata mohon dimaafkan, semoga artikel ini membantu.







Nama gue Hanif, 20tahun. Pecinta kopi saset seribuan, suka baca dan nulis. Kalian bisa temenan sama gue di FB ataupun IG kok.