26 August 2017

Memperbaiki VGA Artefak dan Mati Total? Bisa Sembuh dengan Cara Greget ini!

Memperbaiki VGA Rusak

VGA-Rusak
VGA Artefak
Kali ini HanifMau share sedikit pengalaman saat dulu membeli VGA card bekas dan rusak, ya sedih sekali. Bagaimana cara saya menyembuhkannya? Baca sampai bawah!

Saat itu saya sedang dalam tahap membangun atau merakit komputer pribadi yang nantinya akan saya gunakan untuk bermain game, ya minimal game online lancar lah. Setelah jadi komputer tinggal VGA card yang belum terbeli, uang yang saya punya tinggal 400 ribu, jadi saya harus membeli VGA card bekas tapi masih layak pakai agar dapat hasil maksimal.

Saya mencarinya di toko online, FJB KasKus tepatnya dan COD dengan penjualnya yang kebetulan dekat rumah. Saya sangat senang bisa bermain game-game dengan lancar, tapi petaka muncul seminggu kemudian.

Tiba-tiba muncul garis-garis yang biasa disebut Artifak/Artefak, dan tiba-tiba restart sendiri PC saya. Kemudian monitor saya hanya menampilkan warna ajaib, yaitu hitam polos. Saya pusing dan mencari berbagai solusinya di Google dan Youtube.

Dari semua cara yang saya tonton dari hanya membersihkannya dengan kuas, sampai cara tergreget yaitu dipanggang. Tapi saya ada satu cara yang menurut saya masuk akal.

Tolong Baca Sampai Habis!! jika anda sedang mencari solusinya 

Saya pernah baca di internet bahwa jika elektronik dicuci dengan sabun/deterjen maka listrik yang tersimpan di dalamnya akan hilang. Saya tidak tau ini benar atau tidak,tapi masih masuk akal menurut saya. Jadi saya akan mencobanya

Cara Memperbaiki VGA Artifak dan Mati Total

Cuci-VGA

Bersihkan VGA dari debu

Pertama kamu harus pastikan vga bersih dari debu sebelum di siram, dan lepaskan kipas, dan sebagainya yang terdapat pada VGA.

Basahi Seluruh Permukaan VGA

Siram seluruh permukaan VGA atau kalau perlu rendam di dalam ember agar pasti VGA tersebut telah basah. Bersihkan juga sisa-sisa thermal paste yang menempel.

Siapkan Ember Kecil 

Siapkan ember kecil kira-kira vga tersebut muat masuk ke dalamnya. Lalu isi air dan beri sabun, bisa sabun cuci piring atau sabun cuci baju, terserah. Saya dua kali mencobanya dengan menggunakan Sunlight dan Rinso, keduanya berhasil.

Sikat VGA dengan Detergen

Haha ini adalah bagian yang paling membuat ketar-ketir, tapi. Tenang saja, karena anggap saja ini adalah untung-untungan, kalau berhasil syukur, kalau tidak ya terima dengan lapang dada. Setelah VGA dibasahi, langkah selanjutnya adalah sikat seluruh VGA dengan sikat gigi saja saya sarankan. Sikat sampai semua bagian VGA tersentuh sikat gigi agar benar-benar bersih dari debu.

Bilas VGA

Jika sudah selesai disikat, selanjutnya siram dengan air bersih dan tiriskan sampai tidak ada air yang menetes.

Jemur dan Keringkan VGA

Sudah selesai mencucinya? Selanjutnya letakkan di tempat yang kalian jarang buka, kalau saya dulu di dalam lemari. Jangan dipegang sampai benar-benar kering dari air. Saya dulu sampai 7 hari baru saya pakai, Waktu pertama kali saya sudah tidak sabar, 3 hari saya angkat dan memang bisa, tapi beberapa minggu artefak lagi.

Coba tes VGA

Jika sudah benar-benar kering coba kita tes, gunakan VGA tersebut apakah berfungsi atau tidak. Jika berfungsi Alhamdulillah selamat anda mendapatkan VGA yang sehat lagi, jika masih mati mungkin memang sudah saatnya diganti.

Saya benar-benar mencoba cara ini sendiri, sehingga saya berani buat artikel seperti ini. Sampai sekarang VGA saya masih normal (sekitar 1 tahun) setelah pencucian. Bahkan saya pernah baca bahwa tukang-tukang service komputer atau elektronik juga melakukan cara ini pada barang-barang rongsoknya. 

Mereka mencobanya barangkali ada yang masih bisa diselamatkan dan dijual kembali. Atau bahkan, mungkin barang tersebut bisa masuk ke komputer kalian saat kalian service di tempat jual komputer-komputer bekas.

Jika kalian mencoba cara ini dan ternyata tidak bisa menyelamatkan VGA kamu yang mati total, setidaknya kalian sudah berusaha dan memang waktunya untuk mencari vga lain.
Sekian artikel saya kali ini, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Wassalamualaikum



Nama gue Hanif, 20tahun. Pecinta kopi saset seribuan, suka baca dan nulis. FIFA is my life (dilarang merokok)

Comments

6 comments

Ini beneran, di cuci wkwkw bukannya bakalan rusak kalau elektronik di cuci =D

Haha iya gan, ane juga waktu itu dag dig dug. Tapi ane nanya tukang servis sekitar, sama guru komputer katanya bener emang kalo deterjen itu bisa hilangin listrik di elektronik

thanks bro.. ane di sekolah di suruh praktek cara memperbaiki VGA dan akhirnya nemu juga nih artikel, moga aja bisa.

mantap nih idenya.....

Silahkan dicoba kalau berani hahaha

Tampilan VGA saya udah parah banget, mudah2an Setelah Ikutin tutor ini vga saya jadi sembuh.


EmoticonEmoticon